Senin, 12 Desember 2011

Alhamdulillah Gempa Bumi dan Gunung Meletus tetap ada

Copas dari note seorang teman :


Assalamualaikum
Ucapkanlah..

Alhamdulillah ketika terjadi Gempa Bumi dan Gunung Meletus, karena para malaikat Allah sedang bertugas menjaga tekanan bumi agar konstan...
Allahu Akbar 3x

Kaum muslimin/muslimat sekalian yg slalu dirahmati Allah SWT, marilah kita bersama-sama mencoba memahami ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk meraih kasih sayang (ridho Allah)...
Bila kita memahami baberapa bencana geologi seperti Gempa bumi dan Gunung Meletus yang terjadi di planet ini, sering kita bertanya-tanya dalam hati, kenapa harus ada bencana tersebut yang mengakibatkan ratusan bahkan hingga ratusan ribu orang saudara2 kita menjadi korban karenanya..... kadang sampai ada saudara kita mengeluh kepada Sang Penciptanya... Ya Allah kenapa bencana ini Engkau datangkan pada keluarga kami... sehingga seluruh keluarga kami menjadi korban.. sampai saudara kita ini berburuk sangka kepadaNya.

“Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi, maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang, rugilah ia di dunia dan akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata” [ Al Hajj 22:11 ].

Kaum muslimin dan muslimat yang dicintai Allah, sesungguhnya gempa bumi dan gunung meletus yang terjadi di planet bumi ini, adalah aktifitas tentaranya Allah yang sedang menjaga agar tekanan Bumi tetap pada 1,37 juta atm & bertemperatur T= 3700 -4500 , sehingga planet ini terbebaskan dari kehancurannya. Jadi untuk menyelamatkan Planet Bumi ini tetap eksis sehingga umat manusia yg ada di dalamnya tetap selamat, maka pillihan aktivitas bumi adalah 1. Gempa Bumi, 2. Gunung Meletus, 3. Kedua2nya.
Seandainya tekanan dan Panas Bumi tidak pernah dilepaskan dari dalam Bumi secara bertahap melalui zona2 subduksi (tempat lempeng samudera masuk & meleleh ke bawah lempeng benua), gunung2 api, rekahan dan patahan. Maka sama saja seperti seseorang yg tidak bisa bersendawa & buang gas dari dalam perut, apa jadinya?? Maka perut kita akan membengkak dan lalu meledak..., begitu juga planet Bumi, bila tidak pernah melepaskan energi2 yg ada, maka tekanan dan temperaturnya akan meningkat pesat, dan berakhir pada meledaknya Planet Bumi !!

Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung2 yang kokoh supaya bumi itu(tidak) goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan2 yg luas, agar mendapat petunjuk [ Al Anbiya 21: 31].

Ayat di atas dapat dipahami, bahwa bila terjadi gempa bumi maka untuk menenangkan gempa tersebut agar tidak berdampak terlalu besar.., maka Planet Bumi akan bersendawa melalui gunung2nya, sehingga tekanan dalam interior bumi akan menjadi normal kembali.

Oleh karena itu, setelah kita mengikuti argumentasi di atas, paradigmanya menjadi terbalik, ketika terjadi gempa bumi..marilah kita ucapakan Alhamdulillah, dan ucapkanlah Innalillahi wa inna ilaihi rojiun..ketika saudara2 kita menjadi korban karenanya, insyaAllah yang menjadi korban bencana alam menjadi Syuhada.

“Para syuhada ada 7: mati terbunuh dijalan Allah, karena penyakit kolera adalah syahid,mati tenggelam adalah syahid,karena busung lapar adalah syahid, karena penyakit perut keracunan adalah syahid,karena terbakar adalah syahid, dan yang mati karena tertimpa reruntuhan(bangunan atau tanah longsor) adalah syahid, serta wanita yang mati pada saat mengandung adalah syahid”(HR. Imam Malik, Abu Daud, An-Nasa’i, Ibnu MAjah dan Ahmad)

Bila yg meninggal karena bencana alam menjadi syuhada, artinya kesempatan untuk menjadi syuhada di NKRI akan lebih besar dibandingkan negara lain, artinya kesempatan memasuki syurga yg dijanjikan olehNya lebih besar bila dibandingkan di negara lain..
Subhanallah...

Masih beranikah kita berburuk sangka kepada Allah SWT bahwa Dia kejam, tidak adil, pilih kasih, ketika sebahagian kecil manusia meninggal dunia terkena musibah bencana Geologi seperti Gempa bumi, Tsunami & Gunung Berapi, karena Planet bumi mencari keseimbangan baru untuk menyelamatkan 7 Milyar umat manusia sbg penghuninya!!!
Mari kita ucapkan istighfar... Ampunilah kami Ya Allah.. Maafkanlah kekhilafan dan kebodohan kami..Sesungguhnya saudara2 kita yg dalam keadaan bertaqwa, menjadi korban bencana apapun.. InsayaAllah akan mati syahid.. dihadapanNya.
Aku ini mengikuti prasangka hamba-Ku. Apabila dia berprasangka kepadaKu dg baik, maka akupun akan baik kepadanya dan apabila dia berprasangka kepada-Ku dengan prasangka buruk, maka Aku pun buruk kepadaNya [HR. Ahmad]
Wassalam...


* Tulisan ini diambil dari bapak Agung Haryo S  sbg pemateri SemNas Sains dan Islam FORSIA FMIPA UNP, Sabtu 10 desember 2011.... smg bermanfaat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar